Senin, 19 Agustus 2013

Opera Cake

Ini ceritanya Opera Cake, padahal bukan, hehehehe. Cuma resep kuenya memang ikutin resep dari situs ini :  http://www.epicurious.com/recipes/food/views/Opera-Cake-230481 tapi cakenya nggak disusun seperti halnya Opera Cake yang sebenar-benarnya. Sengaja cari resep dengan telur sedikit karena ini percobaan pertama, takut gagal kalo praktekin resep yang telurnya sampai 15 butir. Pertama coba bikin sesuai resep tapi cakenya cuma dua tumpuk aja, tetep pake sirop kopi, gagal total bikin buttercreamnya, mungkin karena pingin bikinnya sedikit aja, jd komposisinya salah, asal mengurangi bahan-bahan dan mungkin tehniknya juga salah. Tapi sebenarnya tergolong sukses karena kuenya habis dalam waktu dua hari aja, hehehe.

Karena cakenya memang enak rasanya, saya coba lagi buat dari resep yang sama tapi jadi satu loyang dan gak pake sirop kopi, cuma dikasih coklat cair untuk pemanis di atasnya. Ternyata si ade malah lebih suka yang versi pertama, padahal menurut saya itu gagal, hehehe. Saya malah lebih suka yang kedua ini, makanya difoto. Resepnya berikut ini, nanti akan diupdate dengan tambahan resep dari Natural Cooking Club yang katanya paling enak itu.

Opera Cake dari Epicurious:
Bahan kue:
3 sendok makan terigu, ayak setelah diukur
2 butir telur ukuran besar (saya bikin 3 telur ukuran biasa, tp mungkin harusnya 2 aja untuk lain kali dicoba lagi)
1 cup tepung almond atau 2/3 cup almond utuh tanpa kulit yang diblender
1/2 cup gula halus
2 putih telur
1/8 sendok teh cream of tar-tar
1/8 sendok teh garam
1 sendok makan gula pasir
2 sendok makan mentega tawar, cairkan dan dinginkan

sirop kopi:
1 sendok teh kopi bubuk instan
1/2 cup plus 1 sendok makan air
1/2 cup gula pasir
1/4 cup Cognac (Saya nggak pake ini)

Buttercream:
2 sendok teh kopi bubuk instan
1/4 cup plus 1 sendok makan air
6 sendok makan gula pasir
2 kuning telur
1/2 cup mentega tawar, potong2 kecil n kocok halus

chocolate glaze:
6 sendok makan mentega tawar
7 Ons coklat semi manis dipotong2

Cara membuatnya:
1. Panaskan oven hingga 425°F. Olesi loyang dengan mentega, beri kertas roti dan olesi mentega dan taburi dengan terigu.

2. Kocok telur dengan kecepatan tinggi hingga 2-3 menit, kurangi kecepatan tambahkan tepung almond dan gula bubuk, aduk hingga tercampur rata. Ayak terigu dan aduk hingga rata.

3. Kocok putih telur hingga berbusa, tambahkan cream of tartar dan garam, kocok hingga mantap dan bisa membentuk "soft peak", tambahkan gula pasir, kocok dengan kecepatan tinggi hingga kaku.

4. masukkan sepertiga dari kocokan putih telur dalam adonan tepung almond< aduk rata, baru masukkan sisanya dan aduk rata. Tambahkan mentega carim aduk hingga tercampur rata dan masukkan dalam loyang, panggang.

5. Sirop kopi: aduk kopi bubuk instan dengan satu sendok makan air hingga larut, tambahkan gula dan 1/2 cup air, masak hingga mendidih, aduk hingga gula larut.

6. Buttercream: aduk kopi bubuk instan dan satu sendok makan ait hingga larut, tambahkan larutan gula dan 1/4 cup air, didihkan. Sisihkan.
Kocok kuning telur dengan kecepatan medium selama 1 menit, tambahkan sirup panas pelan-pelan, kocong, lalu sirup kopinya dan kocok hingga dingin kira-kira 3-5 menit. Masukkan mentega satu persatu hingga adonan tebal dan halus.

7. Chocolate glaze: cairkan mentega dan potongan coklat

8. Susun kuenya

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ini resep dari Natural Cooking Club, semoga  kapan-kapan bisa dicobain :D

Opera cake
Sunday, February 28, 2010
6:39 PM
Bahan A :
15 btr kuning telur
5 btr telur utuh
200 gr gula kastor
125 gr tepung terigu
20 gr tepung maizena
15 gr emulsifier
250 gr almond bubuk

Bahan B :
90 gr mentega
90 gr margarine
1 sdm rhum (optional)
1 sdm susu kental manis
Bahan C :
500 ml air, panas
40 gr coklat bubuk
20 gr kopi bubuk
100 gr gula pasir
3 sdm rhum (optional)
Bahan D :
Satu resep Chocolate Ganache ( lihat resep )
Cara membuatnya :
1.       Bahan B: lelehkan mentega dan margarine, tuang susu kental manis aduk rata. Sisihkan.
2.       Adonan C: dicampur menjadi satu, aduk hingga gula larut. Sisihkan.
3.       Bahan A: kocok gula dan telur hingga kental dan mengembang, campur tepung terigu & Maizena, ayakkan diatas adonan telur lalu taburkan juga almond bubuk, aduk rata, masukkan bahan B aduk rata kembali, tuang dalam 3 loyang ukuran 30x30cm, oven hingga matang, sisihkan.
4.       Penyelesaian:
Lepaskan cake dari loyang, basahi dengan bahan C.
Susun cake diatas alas lapisi dengan bahan D, ratakan. Tumpukkan lapisan selanjutnya, oles lagi dengan bahan D. Tumpukkan lagi satu cake diatasnya, lalu oles lagi dengan bahan D, licinkan, hias sesuai selera.
CHOCOLATE GANACHE
Bahan :
500 gr dark cooking chocolate
200 gr whipped cream
30 gr butter
Cara membuatnya:
1.       Panaskan whipped cream, angkat, masukkan dark cooking chocolate yg sudah dipotong-potong, dan butter, aduk hingga leleh.
2.       Dinginkan dalam lemari es hingga semalaman, keluarkan, lalu diamkan hingga suhu ruang. Kocok hingga lembut dan ringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar