Selasa, 25 Desember 2012

Ginger bread-I


Ginger bread, dibuat atas permintaan seorang teman yang tiba-tiba kangen kue khas buatan budenya. Resep ini ditemukan ketika menggoogle, dan saya lupa menyimpan asal usul situs resep ini ditemukan. Saya pilih resep ini karena terlihat mudah, tidak perlu pakai mikser listrik dan telurnya hanya satu butir saja. Hasilnya tidak seperti yang saya harapkan, terlalu kenyal, mungkin madu sebagai pengganti gula yang memuat adonan jadi lebih lengket. Rempah-rempahnya tidak
terlalu keras rasanya. Kismis dan kacangnya (saya pilih almond karena itu yang tersedia di rumah) membuat kita tidak bosan mengunyah kue yang "hangat" ini.



Bahan
1 cup madu atau molasses (saya pakai madu, belum menemukan molasses di supermarket
terdekat)
1 butir telur
1 sendok teh baking soda
2 cup terigu
1 sendok teh bubuk jahe (saya pakai jahe parut)
1 sendok makan mentega dicairkan
1/2 cup susu
½ sendok teh bubuk kayu manis
½ sendok teh bubuk pala
½ cup potongan pecans (cuma bisa nemu almond)
¼ cup kismis

cara membuatnya:
1. Kocok telur hingga tercampur kuning dan putihnya.
2. Pada mangkuk terpisah, campurkan madu atau molasses dengan susu, kocok selama 2-3 menit.
3. Ayak bersama terigu, baking soda, kayu manis, bubuk pala dan jahe.
4. Masukkan mentega cair dalam campuran susu, aduk rata.
5. Masukkan secara bertahap campuran terigu, aduk dengan sendok kayu (saya juga masukkan
kocokan telurnya bergantian dengan campuran terigu).
6. Taburi kacang dan kismis dengan terigu secukupnya hingga tertutupi permukaannya, masukkan
dalam adonan.
7. Masukkan adonan dalam loyang dan panggang pada suhu 175 derajat celcius selama kurang
lebih satu jam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar